Bagian ini terdiri dari tiga percakapan tunggal (monolog) yang panjang. Masing-masing monolog diikuti dengan empat pertanyaan. Jadi keseluruhan ada duabelas pertanyaan dalam ujian listening Part C. Pembicaraan dalam bagian ini biasanya juga mengambil latar belakang tentang kehidupan akademis: seperti pidato perkuliahan atau presentasi, dan topik berita yang sedang menghangat di Amerika Serikat.
Contoh: Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar:
(narrator) Question 39 through 42. Listen to a presentation on dropping classes.
(woman) I'm Ms. Morton, your advisor. I'd like to explain the policies for dropping classes at this school. It's important to understand these policies, or your grades can suffer. The policy at this school within the first three weeks of the semester. To drop a course, you first need to get the signature of the professor of the course you want to drop on an official drop card; then you need to come to me to get the signature of your advisor. Let me give you a couple of strong warnings. First, you cannot officially drop a course after the first three weeks of the semester. If you are having problems in a course and you decide later on that you want to drop the course, it is impossible to do so. Second, if you stop attending a course without going through the official "drop" procedures, the course will remain on your schedule, and you will receive a failing grade. It is important for you to understand these procedures and follow them. If you do so, you will not have any problems. Any questions?
Pertanyaan-pertanyaan Contoh Soal Toefl Listening Part C (Talks)
39. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) What is the Primary topic of the talk?
Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:
(A) How to get a professor's signature.
(B) The procedure for dropping courses.
(C) When to come and see the advisor.
(D) The effect of officially dropping a course.
40. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) When can a student officially drop a course?
Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:
(A) Any time, if the professor is willing to sign.
(B) Only on the day of talk.
(C) During the first three weeks of the semester.
(D) Up to three weeks before the end of the semester.
41. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator)How many signatures are necessary to drop a course?
Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:
(A) None.
(B) One.
(C) Two.
(D) Three.
42. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) What happens if a student stops attending a course without officially dropping it?
Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:
(A) The students fails the course.
(B) The course is removed from the student's schedule.
(C) The student needs to get the advisor's signature.
(D) The student receives a warning.
Agar berhasil menjawab dalam Part C Anda bisa menggunakan kunci-kunci sebagai berikut:
Kunci 13: Bila Anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata Kuncinya.
Anda tidak harus membaca secara detail karena waktunya sangat singkat. Ingat, Anda hanya memiliki waktu selama narator membacakan direction. Karena setelah itu Anda harus konsentrasi pada pembicaraan yang sedang Anda dengarkan. Jadi ketika membaca pilihan jawaban, Anda hanya perlu menangkap beberapa kata kunci dan kemudian usahakan untuk mendapatkan gambaran mengenai tema/topik apa yang akan diperbincangkan. Anda sebaiknya juga mampu mengantisipasi atau memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan dimunculkan.
Dengan cara ini pembicaraan yang akan Anda dengarkan nantinya akan menjadi lebih mudah. Hal ini karena ketika Anda bisa memperkirakan sebuah tema, memori Anda atas segala hal yang berkaitan dengan tema tersebut akan menjadi aktif. Aktifasi ini memungkinkan Anda untuk lebih familier terhadap materi pembicaraan yang akan Anda dengarkan.
Misalnya pada soal di atas Anda hanya membaca sekilas kata-kata: Professor, signature, Procedures, dropping course. Dengan demikian Anda bisa mengetahui bahwa topik yang akan Anda dengarkan adalah sesuatu yang berkaitan dengan prosedur untuk membatalkan mata kuliah. Sehingga sebelum menyimak talk Anda sudah bisa memperkirakan tentang apa pembicaraan akan dilakukan.
Kunci 1 4: Waspadailah pembicaraan pada kalimat-kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
Topik merupakan pertanyaan yang sering dimunculkan pada listening Part C. la biasanya selalu terletak pada bagian pertama pembicaraan, yaitu pada kalimat pertama sampai ketiga. Dengan berbekal Kunci ke-13, Anda akan lebih mantap untuk menyimak bagian pertama Pembicaraan monolog.
Misalnya dalam concoh talk di atas. Anda sudah memegang beberapa kata kunci dan bisa memperkirakan bahwa pembicaraan akan berkaitan tentang prosedur untuk membatalkan pelajaran. Ketika talk dimulai Anda akan jelas menangkap pada kalimat kedua bahwa pembicara ingin membahas kebijakan yang berkaitan dengan tata cara untuk membatalkan mata kuliah. Maka Anda akan berhasil menjawab pertanyaan no. 39 dengan baik, yaitu dengan memilih jawaban (B).
Kunci 15: Fokuskan pendengaran Anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-wh (what, who, when, where, why) dan how.
Bagian ini sebagian besar mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan: apa, siapa, kapan, dirnana, mengapa, dan bagaimana. Untuk itu, Anda harus jeli mengamati tentang obyek yang dibicarakan, tempat pembicaraan dilangsungkan dan seterusnya.
Misalnya, dengan mencermati pertanyaan when pada monolog di atas, memori Anda akan merekam sesuatu yang berkaitan dengan waktu. Pada pertanyaan soal no. 40 Anda akan mendapatkan jawaban pada kalimat "first three weeks of the semester" yang diulang dua kali. Dengan demikian Anda akan memilih jawaban (C).
Kunci 16: Buatlah kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.
Dalam ujian Part C seringkali soal yang diajukan membutuhkan kemampuan kita untuk melakukan inferasi/penyimpulan atas apa yang dibicarakan dalam talk. Inilah yang membuat sebagian peserta tes TOEFL kesulitan dalam mengerjakan soal-soal pada Part C. hal ini wajar, karena kita tidak mendapatkan kalimat yang persis sama antara pilihan jawaban yang tersedia dengan monolog yang didengar peserta. Karenanya sebelum ujian, Anda harus melatih kemampuan Anda untuk menyimpulkan suatu pembicaraan.
Misalnya, pada soal no. 41 di atas. Yang ditanyakan adalah berapa banyak tanda tangan yang dibutuhkan untuk membatalkan mata kuliah. Dalam monolog yang kita dengarkan tidak disebutkan secara eksplisit berapa banyak tanda tangan yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa.
Tapi Anda mendengar "To drop a course, you first need to get the signature of the professor.. then you need to come to me to get the signature Ofyour advisor". Sehingga Anda dapat menyimpulkan bahwa mahasiswa yang akan membatalkan mata kuliah perlu dua tanda tangan: dari profesor pengampu mata kuliah dan penasihat akademik. Dengan demikian ia membutuhkan dua tanda tangan (C).
Demikian pula soal no 42 yang menanyakan konsekuensi apa yang akan diterima apabila mahasiswa tidak mengikuti perkuliahan tanpa membatalkan mata kuliah sesuai dengan prosedur? Jawaban yang terdapat pada monolog juga tidak disebutkan secara eksplisit. la hanya menyebutkan "...the course will remain on your schedule, and you will receive a failing grade." Sementara pada pilihan jawaban Anda tidak menemukan kalimat seperti ini. Namun bila Anda bisa membuat simpulan, maka Anda akan memilih jawaban (A) yang kurang lebih memiliki maksud yang sama, yaitu mahasiswa tersebut akan gagal dalam mata kuliah yang dimaksud.
Demikian keenambelas kunci yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi ujian TOEFL Section 1 atau Listening Comprehension. Sekali lagi, diingatkan sekalipun Anda tidak mengetahui sama sekali jawaban pada soal-soal tertentu, Anda harus tetap memilih salah satu jawaban yang tersedia. Anda tetap berpeluang untuk mendapatkan tambahan skor dengan cara seperti ini. Selanjutnya, marilah kita beranjak pada kunci-kunci ujian TOEFL Section 2 atau Structure and Written.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar